Dimanipulasi di Korea, Program ‘PRODUCE 101’ Masih Eksis di China dan Jepang

  • Whatsapp
PRODUCE 101 Korea CHUANG China Japan

Overseasidol.com — PRODUCE 101 menjadi program survival paling fenomenal dengan peserta yang cukup di industri musik KPOP.

Acara ini mengumpulkan 101 remaja yang ingin meraih mimpi mereka untuk debut menjadi bagian dari grup idola baru.

Bacaan Lainnya

Penonton yang menyaksikan program (selanjutnya dikenal sebagai produser nasional) diberikan hal suara untuk menentukan 11 trainee yang akan debut.

Menuai rating yang tinggi membuat program ini sukses hingga 4 musim, PRODUCE 101 Season 1, Season 2, PRODUCE 48, dan PRODUCE X 101.

Namun pada tahun 2019, Mnet yang menayangkan program ini dilaporkan atas tuduhan manipulasi suara di hasil akhir line up member grup debut.

Benar saja, manipulasi suara di acara PRODUCE 101 memang benar adanya. Yang terbaru kemarin, Pengadilan Seoul mengungkap siapa saja trainee dari empat musim seri program ini yang menjadi korban manipulasi.

Meski kontroversial di Korea, PRODUCE 101 nyatanya masih eksis dalam versi negara yang berbeda. Acara ini hadir di dua negara yaitu Jepang dan Tiongkok atau China.

PRODUCE 101 China

Dimulai tahun 2018, PRODUCE 101 China hadir dengan nama mandarin Chuangzhao 101. Acara versi China ini hadir dengan persembahan platform video raksasa asal China, Tencent Video.

Di musim pertama program ini berhasil membentuk girl grup yang populer secara nasional bernama Rocket Girls 101.

Sukses di musim pertama, PRODUCE 101 China hadir kembali untuk seri keduanya. Tencent lalu mengubah nama program ini menjadi nama lain.

Hal ini lantaran acara berkiblat dari Korea yang mungkin masih ada larangan budaya Hallyu yang keras di China.

Nama CHUANG 2019 (dalam mandarin Chuangzao Ying 2019, secara harfiah berarti PRODUCE CAMP 2019) diperkenalkan sebagai seri musim kedua PRODUCE 101 China.

Di tahun kedua, acara ini sudah menghilangkan beberapa konsep kompetisi unik dari versi aslinya Korea. Boy grup R1SE berhasil tercipta dan debut dengan 11 member.

CHUANG 2020 hadir dengan trainee perempuan. Konsep kompetisi di program ini makin hadir dengan warna baru dan meninggalkan versi aslinya.

BonBon Girls 303 sukses debut menjadi girl grup solid, eits tapi tidak dengan 11 member, melainkan hanya 7 member.

Pihak program mengurangi angka debut sebanyak 4 orang yang dilakukan dengan tujuan memperketat jalannya kompetisi.

Beberapa hal yang diubah dalam acara versi CHUANG dari PRODUCE Korea antara lain, pemangkasan dan diubahnya nama kelas, sistem kompetisi kursi, penampilan kolaborasi bersama musisi senior, dan masih banyak lagi.

Yang terbaru musim keempat seri PRODUCE 101 China akan hadir dengan CHUANG 2021! Audisi akan merekrut trainee dari berbagai negara di dunia untuk pertama kalinya!

PRODUCE 101 Japan

PRODUCE 101 Japan hadir baru saja di tahun 2019. Acara ini masih bekerja sama dengan Mnet (CJ E&M) di Korea dengan sebuah agensi di Jepang, Yoshimoto Kogyo.

Boy grup “JO1 berhasil” debut dalam program ini dengan formasi yang sama yaitu 11 anggota. Sukses dengan musim pertama, Yoshimoto kembali mengumumkan acara kedua dari musim ini.

PRODUCE 101 Japan Season 2 akan dimulai pada tahun 2021 mendatang dengan trainee laki-laki. Dua tahun berturut-turut, acara ini masih membentuk boy grup.

Dari segala poster, promosi, hingga sistem kompetisi, acara ini sangat berkiblat pada versi aslinya PRODUCE 101 Korea.

Namun jika trainee PRODUCE biasanya diambil dari agensi, PRODUCE 101 Japan didominasi oleh peserta individual yang mendaftar audisi.

 

Di Jepang sempat pihak program acara membuat pernyataan bahwa mereka tidak akan memanipulasi hasil suara usai Mnet dilaporkan atas tuduhan tersebut di Korea.

Untuk China, Tencent membuat program ini transparan, bahkan menjelang final peringkat trainee dapat dilihat secara real time.

Selain itu CHUANG juga memiliki sistem vote tambahan dari produk minum sponsor program ini sehingga trainee akan banyak suara jika sumber donasi dari fansclub sangat banyak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *