HLT dan Huaer Boys Boy Grup China yang Sangat Populer di TikTok Douyin

  • Bagikan

Overseasidol.com — Di China, ada boy grup yang memiliki aktivitas secara online saja di platform video TikTok atau Douyin.

Boy grup tersebut memiliki ratusan juta penonton di platform tersebut dan telah memiliki pengikut banyak.

Mereka adalah HLT Boys (HLT男团) dan Huaer Boys (花儿少年团). Keduanya meraup keuntungan fantastis meski hanya sebagai boy grup internet.

Pada Juli 2019, dengan dorongan dari para penggemarnya, “HLT Dance Group” membuka akun Douyin.

Ketika akun pertama kali mulai beroperasi,  pertumbuhan penggemar sangat lambat dan minim pendapatan.

Bos grup tersebut, Yuhan mengaku menyewa sanggar tari, menghabiskan lebih dari 100.000 yuan untuk perencangan dan menyewa guru tari.

Ia menggunakan uang sekolah yang diperoleh untuk membayar sewa studio tari, membayar sejumlah gaji pokok kepada para anggota, dan membeli kostum pertunjukan.

Setelah rajin memikirkan kreativitas, mengaransemen tarian, mengedit video dengan baik, membuat penggemar terus meningkat dan kerap masuk ‘fyp’.

Video anggota grup menari di sekitar instruktur wanita berseragam militer menjadi viral di Douyin dengan jumlah suka mencapai 1,94 juta serta jumlah penayangan ratusan juta.

Video kedua selama pandemi dimana grup kni menari di atap pun meledak lagi, dengan disukai 1,69 juta pengguna.

Saat ini, jumlah penggemar telah meningkat menjadi lebih dari setengah juta. Kemudian, setelah pandemi mereda, grup ini melanjutkan pentas di jalanan atau di acara merek kecil.

“HLT Dance Group” pun diganti namanya menjadi “HLT Boys”. Selama pertunjukan, grup menggunakan video pertunjukan sebagai bahan untuk memperbarui akun.

Hanya dalam dua tahun, “HLT Boys Group” telah berkembang dari grup tarian rakyat yang tidak populer menjadi selebriti internet terkemuka.

Harga video iklan mencapai 40.000 yuan, dan harga komersial offline seharga 50.000 yuan. Grup ini juga mendirikan perusahaan, omset bulanan tertinggi mereka adalah 500-600 ribu yuan.

Kemudian ada juga grup bernama Hua Er Shaonian Tuan yang populer di Douyin.

Huaer Boys saat ini memiliki 320.000 penggemar di Douyin, dan usia rata-rata dari kelima anggotanya adalah sekitar 22 tahun.

Kepopuleran Huaer Boys jauh lebih sedikit dibandingkan dengan HLT Boys. Bos mereka, Wang berkata bahwa dengan lebih dari 300.000 penggemar, harga iklan video adalah sekitar 6.000 atau 7.000 yuan untuk lima orang.

Huaer juga menerima beberapa penampilan bisnis offline. Diungkapkan bahwa pendapatan setiap orang dalam grup tidak akan melebihi 10.000 yuan per bulan.

Bos Wang mengaku saat ini ia mencari agensi untuk menandatangani kontrak dan menjadi lebih memiliki peluang lebih banyak kedepannya.

  • Bagikan