Industri Grup Idola dan Trainee di China Dinilai Tak Kunjung Maju Meski Banyak Survival Show

  • Bagikan
survival show china chuang 2021, youth with you 3, asia super young
foto (c) Tencent, iQIYI, Youku.

Overseasidol.com — Seperti yang diketahui, industri grup idola dan trainee di China tak berkembang pesat meski memiliki banyak survival show.

Di China banyak program mirip PRODUCE 101 Korea seperti CHUANG, Youth with You, We Are Young, dan masih banyak lagi acara survival membentuk grup lainnya.

Tahun 2021 ini saja akan ada 3 program survival show besar yang akan mengudara dengan punya banyak trainee, diantaranya, CHUANG 2021, Youth with You 3, dan Asia Super Young.

Meski memiliki banyak kompetisi trainee, industri peridolan khususnya grup dan trainee tidak dapat berkembamg dengan baik seperti di Korea maupun Jepang. Mengapa bisa demikian?

Grup Idola CPOP Tak Berumur Lama

Mari kita mulai dengan perkenalan grup generasi dua CPOP yang dibentuk platform populer YY yaitu “1931” yang pernah disebut sebagai lawannya SNH48 di era awal debut mereka.

1931 digadang menyalin konsep AKB48 dengan membuatkan teater untuk pentas dan berakhir menuju pembubaran setelah 3 tahun.

Umur yang sangat singkat bagi sebuah grup idola.  SNH48 sendiri sudah membubarkan satu grup saudari mereka yang berbasis di Shenyang “SHY48” karena peminat yang sedikit.

Banyak grup idola menjadi sepi peminat karena tak memiliki banyak penggemar. Popularitas grup bentukan agensi akan kalah dengan jebolan survival show.

Pasar idola China lebih terarah untuk kegitan solo seperti penyanyi maupun aktor.

Agensi Hiburan Tak Mau Menanggung Resiko Dengan Bentuk Grup

Salah satu agensi yang populer yaitu Haoying Yixing, artisnya pernah berkata, “Sangat mahal untuk membuat sebuah grup. Dibutuhkan setidaknya dua tahun dari seleksi hingga pelatihan, dan juga sangat sulit dalam manajemen,”.

Agensi Hiburan Bubar Terlalu Banyak

Menurut pengamatan Liu Jia, salah seorang di balik industri trainne menyebutkan bahwa karena pengaruh ganda musim dingin ibu kota dan epidemi COVID-19, agensi hiburan dan perusahaan pihak ketiga telah mati hampir 70%.

Saat ini beberapa agensi idola atau trainee populer yang bertahan di China adalah TF Entertainment, Siba Media SNH48, Yuehua Entertainment, Wajijiwa Entertainment.

Sistem Trainee Tidak Cocok Diterapkan untuk Industri Hiburan China

Banyak yang mengatakan bahwa industri hiburan dalam negeri (China) tidak sesuai untuk sistem industri penciptaan seorang bintang dengan model peserta trainee sebagai intinya.

Dibandingkan dengan program “produk menyanyi dan menari” yang dibuat, banyak penggemar di China lebih suka dan membutuhkan idola dengan karakteristik dan personalisasi pribadi.

Hal ini dalam artian, banyak orang di China tidak menetapkan standar seperti visual dan bakat yang sangat baik untuk diidolakan.

Hal ini dibuktikan dengan kalahnya 5 trainee Yuehua Entertainment di ajang program Youth with You 2 lalu. Mereka yang dilatih menggunakan sistem trainee Korea juga gagal melaju ke posisi debut.

Sebut saja Cai Xukun dan Chen Linong yang merupakan idola baru saat mengikuti Idol Producer. Bahkan personel boy grup populer SWIN yang juga mengikuti kompetisi tersebut kalah telak di peringkat akhir.

Banyak agensi mengatakan dalam wawancara eksklusif bahwa setiap perusahaan bersaing untuk mendapatkan talenta yang benar-benar luar biasa.

Sayangnya tidak banyak orang yang berpenampilan baik, memiliki potensi, dapat ditekan, dan bersedia untuk berlatih selama beberapa tahun di ruang pelatihan.

Beberapa contoh dari kasus ini misalnya banyak artis populer yang berpindah dari agensi lama ke yang baru untuk dapat lebih tenar.

Banyak personel SNH48 yang merasa bertahun-tahun di grup dan menganggap kurang mendapatkan promosi dan akhirnya memilih keluar di jalan perusahaan lain.

Sampai saat ini tidak ada perusahaan hiburan di China yang dapat secara akurat meringkas trainee seperti apa yang bisa populer dan model trainee yang bisa beroperasi dengan baik.

Metode apa yang juga telah menimbulkan tanda tanya pada perlunya model trainee saat ini pun dipertanyakan.

Yang Chaoyue misalnya, gadis cantik itu sangat kurang dalam hal menyanyi dan menari tapi berhasil debut dalam Rocket Girls 101 saat mengikuti program PRODUCE 101 China.

Agensi Aktor Ikut Terjun Ke CPOP dan Sebaliknya

Salah satu hal yang tidak mengejutkan di China adalah maraknya agensi aktor populer yang mengirim trainee ke program survival.

Banyaknya perusahaan film dan TV yang memasuki permainan idolaa membuat semakin ketatnya kompetisi dan pupusnya para trainee baru.

Sebut saja Chen Youwei UNINE, Esther Yu THE9 dan Zhang Yifan BonBon Girls 303. Mereka bahkan belum menerima pelatihan menyanyi dan menari terlalu lama sebelum berpartisipasi dalam program, tapi menyorot perhatian publik dengan baik.

Selain itu banyak grup idola China yang berfokus pada karir solo para anggotanya. Misalnya Xiao Zhan yang debut bersama boy grup X NINE saat ini lebih berfokus pada pengembangan karir aktornya.

Wang Yibo personel UNIQ juga saat ini lebih menikmati karir solo sebagai penyanyi maupun aktor. Ini juga dapat menandakan bahwa industri hiburan China lebih menyukai aktivitas artis sebagai solois daripada di grup.

Karir mereka pun dikatakan jauh lebih baik, mendapat sorotan banyak dari publik usai berkarir secara solo.

  • Bagikan