Belum Dirilis, Lagu Baru Jay Chou Tersandung Isu Plagiat Karya Boy Grup Korea INFINITE

  • Bagikan
infinite dan jay chou
foto via berbagai sumber (Weibo/Google).

Overseasidol.com — Baru-baru ini, media melaporkan bahwa Jay Chou tengah tersandung isu plagiarisme atas lagu barunya yang belum dirilis.

Pada tanggal 27 Agustus, Jay Chou merilis teaser video musik lagu barunya di akun media sosial Weibo yang membuat para penggemarnya sangat senang dengan comebacknya.

Namun usai merilis cuplikan atau teaser, penyanyi Mandopop itu mendapat banyak kritikan karena dituduh melakukan plagiat lagu milik boy grup Korea Selatan ‘INFINITE’.

Cuplikan lagu baru yang belum memiliki judul tersebut dianggap memiliki irama yang sama dengan single INFINITE bertajuk “Julia”.

Kini banyak warganet menuntut tanggapan atau pun klarifikasi terkait masalah plagiarisme ini.

Dalam video perbandingan antara cuplikan lagu berdurasi 25 detik itu dengan “Julia”, banyak netizen mengatakan bahwa musiknya terdengar sama.

Klarifikasi Jay Chou

Karena permasalahan ini banyak media Tiongkok atau Taiwan yang menghubunginya untuk melakukan klarifikasi.

Dilansir dari sohu.com, menjawab permasalahan ini, ia mengatakan, “Progresi akord dari lagu ini telah digunakan sejak lagu “Sunny Day”, “Qilixiang”, dan “Her Eyelashes”.

Lagu tersebut merupakan karya lawanya yang lebih dulu dirilis yaitu tahun 2003 sedangkan “Julia” sendiri diluncurkan tahun 2011.

“Progresi akordnya sama. Kalau aransemen alat musiknya sama, suaranya akan sama. Pada dasarnya, progresi akord musik populer itu sama.

Saat ini, progresi akord setiap orang sama untuk menciptakan melodi baru, itu saja intinya! Metode akord empat putaran 6m-4 -1 -5 telah digunakan sejak lama!

Saudara harus pergi selangkah lebih maju, haruskah saya membuat daftar banyak untuk dilihat semua orang?,”. pungkasnya.

  • Bagikan