Band Indie Legendaris Taiwan ‘Sodagreen’ Terpaksa Ganti Nama Karena Hak Cipta

  • Bagikan
sodragreen band indie
foto via Weibo.

Overseasidol.com — Pada tanggal 8 April, menurut laporan media Taiwan, band indie terkenal “Sodagreen” memiliki perselisihan hak cipta dengan mantan bos agensi mereka Lin Weizhe.

Hal ini mengakibatkan mereka tidak dapat menggunakan nama band tersebut sekarang dan telah diubah menjadi “Yudingshi (鱼丁糸)”.

Untuk menyelesaikan masalah kontrak dan merek dagang yang paling mendasar, Lin Weizhe diminta untuk mengonfirmasi bahwa kontrak agensi sudah tidak ada, dan meminta untuk mentransfer merek dagang ‘Sodagreen’.

Pengadilan Sipil Kota Taipei menyimpulkan bahwa kontrak perantara tidak ada, tetapi permohonan untuk pengalihan merek dagang ‘Sodagreen’ telah resmi ditolak dan pemohon dapat mengajukan banding.

Selain itu, penyanyi yang juga anggota band ini Wu Qingfeng juga mengalami sengketa untuk lagu-lagu miliknya.

Pada bulan Agustus 1998, Wu Qingfeng dan Lin Weizhe Music Club menandatangani “Perjanjian Otorisasi Hak Cipta Musik dan Lagu”.

Disepakati bahwa hingga 31 Desember 2014, lebih dari 270 lirik dan musik buatanya akan menjadi milik eksklusif Lin Weizhe dan hak ciptanya di seluruh dunia.

Wu Qingfeng telah mengeluarkan surat untuk mengakhiri kontrak pada 26 Oktober 2018, tetapi Lin Weizhe yakin bahwa masa berlaku kontrak telah diperpanjang secara otomatis hingga 31 Desember 2019.

  • Bagikan