Di-blacklist, 6 Artis Tiongkok Ini Tak Boleh Muncul di Dunia Hiburan

  • Bagikan
artis tiongkok blacklisted
foto via Weibo.

Overseasidol.com — Menjadi sosok selebriti atau artis Tiongkok memang sangat menjajikan dari segi finansial. Tak jarang banyak orang luar Tiongkok menjajal karir di negeri tirai bambu tersebut.

Namun di Tiongkok sendiri memiliki peraturan yang ketat terkait perilaku seorang publik figur jadi tak sembarangan orang bisa memiliki karir mulus di sana.

Peraturan dasar yang diterbitkan oleh China Association of Performing Arts yaitu melarang artis berperilaku buruk untuk muncul di layar kaca.

Beberapa aturan tersebut seperti pelarangan artis yang memberikan dampak buruk terhadap sosial, obat-obatan, penipuan, melanggar hukum, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini adalah para selebriti dari Tiongkok yang mendapatkan ‘blacklist’ atau masuk daftar hitam industri hiburan.

1. Tang Wei

tang wei
foto via Weibo.

Aktris cantik ini mausk daftar hitam bermula dari film “Lust, Caution” yang terkenal di luar Tiongkok tapi diboikot di negeri sendiri.

Hal ini dikarenakan film tersebut memiliki adegan seks yang sangat berani dan menjadikan pemeran utama wanitanya yaitu Tang Wei dianggap membawa citra wanita Tiongkok yang rendah.

Dalam film yang disukai oleh kritikus internasional itu, Tang Wei dan Toney Leung menjadi sorotan karena bermain dengan sangat baik hingga karya tersebut memenangkan penghargaan.

Kemudian pada tahun 2008, Tang Wei ddilarang tampil di layar kaca hiburan Tiongkok. Hal ini menyebabkan seluruh konten yang melibatkan dirinya dihapus.

Selain itu proyek drama barunya terpaksa digantikan oleh aktris lain.

2. Edison Chen

edison chen
foto via Instagram

Edison adalah salah satu aktor Hong Kong yang populer di era tahun 2000-an. Namun ia masuk daftar hitam industri hiburan karena skandal pornografi.

Dilaporkan artis ganteng itu terlibat dalam skandal foto syur dengan berbagai gadis dan artis cantik.

Sebanyak 1.300 foto syur Edison Chen dengan para gadis diunggah secara ilegal di internet pada tahun 2008.

Setelah kejadian itu, banyak produk merek dan program TV yang membatalkan kontrak kerja sama. Hal ini berujung pada pencoretan nama Edison dalam indutri hiburan.

Kasus foto tersebut telah diungkap kepolisian bahwa ada 10 orang yang dengan sengaja mengunggah foto tersebut dan saat ini mereka telah ditangkap.

Setelah itu, Edison Chen mengadakan konferensi pers untuk meminta maaf secara terbuka dan mengumumkan kepergiannya dari industri hiburan.

Saat ini, ia telah mendirikan banyak brand fashion dan terkadang tinggal di Amerika Serikat.

  • Bagikan