Inilah Ulasan Mengapa AKB48 Bisa Menjual 1 Juta Kopi CD Single dalam Sehari

  • Whatsapp
AKB48 singles

Overseasidol.com — AKB48 merupakan salah satu atau mungkins satu-satunya girl grup yang bisa mencapai satu juta penjualan CD dari single fisik mereka dalam sehari.

Belum ada grup perempuan manapun di Jepang yang mampu menandingi rekor mereka untuk saat ini. Apa sih yang mendukung tercapainya 1 juta penjualan CD musik grup ciptaan Yasushi Akimoto ini?

Bacaan Lainnya

Berikut adalah uraian yang mendukung mengapa AKB48 bisa menjual segitu banyaknya CD single dalam waktu satu hari penjualan saja!

Masyarakat Jepang Masih Berminat dengan CD Musik

Masyarakat Jepang masih mendengarkan musik dari CD kendati seluruh dunia sudah beralih ke streaming. CD masih merupakan format musik yang populer di Jepang.

Sekitar 70% penjualan musik di Jepang dijual dalam format CD. Selain itu pasar musik terbesar kedua di dunia itu juga mendapat pendapatan 80% dari penjualan CD.

Harga yang Terjangkau

AKB48 merupakan salah satu grup yang harga singlenya dapat dibilang terjangkau oleh masyarakat yaitu sebesar 1524 Yen atau sekitar 200 ribu rupiah.

Dengan harga segitu, banyak fans ataupun masyarakat yang membeli CD musik favoritnya. Harga ini bisa dibilang lebih murah dibandingkan single Nogizaka46 ataupun JO1, serta grup lainnya.

Bonus yang Menarik

Salah satu penyebab masyarakat Jepang masih membeli CD adalah bonus dalam kemasan single itu sendiri. Biasanya AKB48 pasti akan memberikan bonus handshake atau bersalaman dengan member atau bahkan kupon voting acara pemilihan umum dan Request Hour.

Fans juga berbondong-bondong membeli CD dengan jumlah yang tak sedikit untuk mendapatkan kupon handshake sehingga bisa bersalaaman dengan lama.

Member yang Banyak

AKB48 memiliki lebih dari 70 anggota dengan basis penggemar yang beragam untuk setiap gadisnya. Misalkan setiap penggemar memiliki basis fans 2000 orang maka pasti single mereka minimal akan terjual lebih 140.000 kopi.

Bagaimana jika ada member yang memiliki basis fans kuat lebih dari 10 ribu orang? Terlebih para member yang tampil dalam single diambil juga dari sister grup AKB48 lainnya. Bagaiman jika setiap fans membeli minimal 5 CD?

Tipe atau Edisi yang Beragam

AKB48 pasti merilis CD single mereka dengan edisi yang berbeda-beda, biasanya terdapat 4 tipe yaitu A, B, C, dan Theater.

Dengan ragam tipe, cover album dan lagu yang ada dalam CD pun berbeda-beda. Hal itu akan menarik fans untuk membeli semuanya bukan?

Lagunya Tak Mengecewakan dan Ditulis Produser Terkenal

Grup yang berbasis di Tokyo itu selalu mencoba berbagai genre dalam single baru mereka. Bahkan rata-ratu lagu utama single mereka sangat hits di Jepang.

Hal ini tentunya di latar belakangi oleh penulis lirik populer Jepang, Yasushi Akimoto yang menjadi lyricist abadi grup ini. Beliau merupakan salah satu pendiri dan produser eksekutif di AKB48.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *