Kasus Scandal Artis Meningkat, Pemerintah China Buat Peraturan Ketat

  • Bagikan

Overseasidol.com – Beberapa waktu lalu telah terjadi keramaian di dunia hiburan khususnya di negara China, dimana banyak sekali artis mereka yang terseret kasus scandal dan harus di hukum karena perbuatan masa lalu nya.

Selain banyaknya artisnya yang terseret kasus scandal, ternyata program tv pun menjadi sorotan karena perilaku para fans yang dianggap kurang baik dan kurang menunjukan rasa hormat mereka sebagai fans kepada idola.

Karena ada nya beberapa kasus tersebut, pada hari ini (27/08) pemerintah China resmi mengumumkan beberapa aturan yang dibuat dengan sangat ketat demi melindungi harga diri negara mereka dan menghindari perang yang terjadi diantara para penggemar.

Beberapa aturan tersebut dibuat agar para artis bisa menjaga sikap mereka, para fans yang tidak saling berperang dan juga demi menjaga kedamaian di dunia entertainment.

Berikut adalah aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah China secara resmi :

  1. Semua daftar peringkat artis atau grup resmi dibatalkan dan resmi di larang.
  2. Menyesuaikan fungsi aturan peringkat dan menjaga agar fungsi tersebut tidak diubah.
  3. Mengelola perusahaan yang bergerak dibidang industri entertainment dengan sangat ketat.
  4. Mengatur akun fansclub di media sosial khusus nya Weibo.
  5. Melarang para fans untuk membagikan informasi yang bisa menimbulkan kekacauan.
  6. Membersihkan grup yang dianggap ilegal.
  7. Memberitahu fans agar tidak terbujuk untuk menghabiskan uang mereka demi para idolanya.
  8. Memperkuat manajemen program dan mengatur agar tidak trjadi kecurangan.
  9. Memperketat kontrol partisipasi yang melibatkan anak dibawah umur untuk masuk kedunia hiburan.
  10. Mengatur serta mengawasi semua perilaku fans yang membut donasi untuk idolanya.

Setelah pengumuman ini diterbitkn oleh Administrasi Cyber Room Pusat China, beberapa pihak melakukan perubahan terhadap sistem mereka, seperti :

  • SIBA Entertainment (SNH48 Group) memperbaharui aplikasi Pocket48 mereka dengan menghilangkan halaman untuk papan peringkat stik drum dan halaman ucapan ulang tahun untuk idolanya.
  • SIBA juga membersihkan beberapa akun yang menggunakan nama sebagai fansclub, grup cadangan, grup penyerang dan grup anti fans.
  • CEO IQIYI resmi mengumumkan tidak akan ada lagi acara survival show untuk beberapa tahun ke depan karena kasus yang terjadi beberapa waktu yang lalu.
  • Asosiasi TV China mengeluarkan larangan untuk plaform seperti IQIYI, WeTv dan lainnya untuk membentuk grup idola dengan menggunakan survival show dan sistem vote dengan menggunakan uang.

Bagaimana menurut kalian peraturan yang diterapkan oleh pemerintah China? apakah dengan ada nya peraturan ini akan membuat dunia entertainment di China akan semakin baik dan tidak ada lagi keributan serta scandal yang dilakukan oleh para artisnya?

  • Bagikan