Pemerintah Tiongkok Bakal Bersih-Bersih Media Sosial Targetkan ‘Tentara Air Internet’

ilustrasi tentara air internet
Photo: ilustrasi tentara air internet (sohu.com).

Overseasidol.com — Pemerintah Tiongkok melalui Cyberspace Administration of China (CAC) mengadakan konferensi terkait langkah baru pada tanggal 22 Desember.

Dalam kesempatan itu, mereka mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan operasi khusus bernama ‘Pembersihan dan Penindakan Pemalsuan Lalu Lintas, Orang Pembangun Citra Positif (Hei Gong Guan), dan Tentara Air Internet’.

Berbagai situs web terutama media sosial bersama Administrasi Dunia Maya Tiongkok menghadiri pertemuan terkait langkah ini.

Dilansir dari sohu.com, langkah ini dilakukan guna menghidari penipuan lalu lintas beberapa artis, agensi, atau pun pihak tertentu.

Lalu lintas atau trafik sering dijadikan ukuran basis penggemar dan nilai komersial suatu artis atau brand di dunia hiburan Tiongkok.

Hei Gong Guan (黑公关) mengacu pada sekelompok orang tertentu yang diminta membangun citra positif seuatu pihak melalui opini publik, media dan metode lainnya setelah munculnya situasi yang tidak terduga.

Biasanya tujuan mereka adalah mencoreng dan memfitnah lawan melalui opini publik kembali.

Tentara Air Internet adalah sekelompok penulis anonim di internet yang dibayar untuk mengirim komentar online dengan konten tertentu.

Biasanya keuntungan dari konten ini memiliki banyak pengunjung, suka, dan komentar yang banyak sehingga meningkatkan citra suatu nama tertentu.

Mereka meminta berbagai platform untuk menyelidiki setiap ‘Daftar Pencarian Populer’, ‘Daftar Peringkat’, ‘Rekomendasi Terpopuler’, atau pun daftar peringkat lainnya.

Tindakan ini juga dilakukan dengan tujuan menjaga lingkungan dunia maya tetap harmonis tidak ada upaya saling serang.

Platform medsos juga diminta menghapus informasi negatif untuk perusahaan atau individu terstentu, menindak bisnis yang mengarang informasi negatif atau menyesatkan dalam persaingan, mengatur hype mereka dan mempublikasikannya, meningkatkan popularitas mereka, dan merusak hak dan kepentingan sah perusahaan.

Pihak Administrasi Dunia Maya juga akan tegas menyelidiki dan menghukum para tentara air internet.

Pemerintah akan melakukan penyelidikan tentang lowongan pekerjaan seperti ‘part time’ dam ‘perekrutan penulis’.

Selain untuk memviralkan suatu nama, para tentara air internet ini juga kerap menenggelamkan informasi negatif.

IKUTI KAMI: