Janine Chang Diduga Dukung Kemerdekaan Taiwan, Netizen Tiongkok Serukan Boikot

  • Bagikan
janine chang
foto via Weibo/張鈞甯.

Overseasidol.com — Baru-baru ini, Janine Chang menghadapi kontroversi atas dugaan dukungan kemerdekaan Taiwan yang ditentang oleh banyak netizen Tiongkok.

Para netizen mendapati bahwa tesis program magister yang ia tulis saat menempuh pendidikan tinggu ada indikasi bahwa dirinya adalah orang Pro-Taiwan.

Diketahu tesisnya tersebut berjudul “Masalah Hukum dalam Pengelolaan Pialang Artis Pertunjukan Negara Saya”.

Kata ‘negara saya’ dalam penelitiannya itu dikritik netizen Tiongkok dan dianggap sebagai pengakuan Taiwan sebagai negara.

Menurut netizen Tiongkok, hal ini memang jelas sebagai dukungan dan pengakuan kemerdekaan karena ia menempuh studi di salah satu kampung bergengsi di Taiwan.

janine chang taiwan support
foto via Weibo.

Selain tesisnya, ia pernah mengatakan dalam wawancara bahwa ‘Tawian tidak boleh kalah’ yang mengacu sebagai pembanding dengan Tiongkok Daratan sebagai negara.

Wawancara tersebut dilakukan sudah lama oleh sebuah media yang mengomentari lingkungan syuting antara di Taiwan dan Tiongkok Daratan.

“Saat itu, saya merasa Taiwan tidak boleh kalah! Saya merasa bahwa kita juga harus menunjukkan profesionalisme kita sendiri…,” ungkap Janine saat itu.

Kata ‘kita juga harus’ juga dianggap sebagai jati diri sebagai warga negara Taiwan yang dianggap mendukung ke arah kemerdekaan.

Dalam media Taiwan, ia juga mengatakan, “Kamu adalah Taiwan China, aku tidak. Bukankah kamu orang China? Aku orang Taiwan,”.

Netizen langsung mengkritik pedas perilaku tersebut dan menganggapnya tidak tahu terima kasih karena sudah diizinkan berkarya di Tiongkok.

Mereka menyerukan pemboikotan terhadap aktris cantik tersebut dan kini menunggu keputusan pihak berwenang.

Sampai saat ini, belum ada klarifikasi ada penjelasan dari agensi atau Janine Chang sendiri yang membuat kontroversi ini makin memanas.

  • Bagikan