Tencent Lepas Hak Musik Eksklusif, NetEase Music Akhirnya Bernafas Lega

  • Bagikan
NetEase Music QQ Music
foto via Weibo/DC大叔.

Overseasidol.com — NetEase Music platform musik digital dari NetEase akhirnya menghapus label hak eksklusif lagu yang terdapat dalam beberapa karya artis.

Hal ini diketahui usai seorang netizen yang menggunakan aplikasi NetEase tidak menemukan lagi label yang biasanya ada di pojok kiri sebuah lagu.

Sebelumnya, lagu yang memiliki hak musik eksklusif Tencent akan diberikan tanda berupa label bertuliskan “eksklusif (独家)”.

netease music
foto via Weibo, sumber tertera.

Penghapusan ini dilakukan usai Tencent menyerahkan hak musik eksklusif kepada para pemilik aslinya atas desakan pemerintah agar membuat pasar lebih adil.

Sebelumnya Tencent memonopoli dan menguasai pasar musik dengan memiliki 3 platform digital sekaligus yaitu QQ Music, Kuwo Music, dan Kugou music.

Hal ini berimbas pada mundurnya platform digital musik lainnya karena dikuasai oleh perusahaan raksasa asal Tiongkok tersebut.

Pemerintah mendesak Tencent untuk mengakhiri perjanjiak hak musik eksklusif agar lagu-lagu banyak penyanyi bisa juga tersedia di platform streaming lagu lainnya.

  • Bagikan