Ditekan Pemerintah, Tencent Akhirnya Lepaskan Hak Musik Eksklusif ke Pemilik Lagu

  • Bagikan
tencent music
foto via Yicai.com.

Overseasidol.com — Pada tanggal 31 Agustus, Tencent akhirnya mengeluarkan pernyataan tentang penyerahan hak eksklusif untuk cipta musik.

Tencent Music Entertainment yang mengelola platform streaming musik telah melepaskan hak cipta musik eksklusifnya usai ditekan pemerintah Tiongkok.

Hal ini dilakukan pemerintah Tiongkok untuk memulihkan persaingan pasar musik yang ada.

Sebelumnya Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar mengeluarkan surat ‘Keputusan Hukuman Administratif atas Penerapan Ilegal Konsentrasi Usaha oleh Tencent Holdings Co., Ltd. pada Akuisisi Ekuitas Grup Musik Tiongkok’ (24/07).

Dalam surat itu disebutkan bahwa sesuai dengan Ketentuan Sementara Peninjauan Konsentrasi Usaha dalam Undang-Undang Anti Monopoli Republik Rakyat Tiongkok, bahwa terdapat adanya penerapan ilegal yang idlakukan.

Menurut laporan finance.sina.com.cn, Tencent memperoleh 61,64% ekuitas musik Tiongkok dan memperoleh kendali tunggal atas hak eksklusifnya.

Penerapan tak resmi yang dilakukan ini mungkin berdampak menghilangkan atau membatasi persaingan.

Pemerintah mewajibkan Tencent dan pihak terkait untuk mengambil langkah untuk memulihkan keadaan persaingan di pasar.

Mereka meminta Tencent membatalkan perjanjian hak musik eksklusif dengan para pihak dalam waktu 30 hari sejak tanggal dikeluarkannya surat keputusan.

Hal yang ditekankah oleh pemerintah adalah jangka waktu kerjasama eksklusif dengan musisi independen tidak boleh lebih dari tiga tahun.

Selain itu, jangka waktu kerjasama musik eksklusif dengan lagu pertama artis yang dirilis tidak boleh lebih dari 30 hari.

  • Bagikan