Aturan Baru? Tiongkok Soroti Masalah Percaloan Penjualan Tiket Konser Artis dan Pertandingan Olahraga

  • Bagikan
snh48 general election concert
foto via Weibo.

Overseasidol.com — Baru-baru ini program berita stasiun TV nasional Tiongkok ‘CCTV’ sedang menyoroti masalah percaloan dalam penjualan tiket.

Biasanya penjualan tiket ini dilakukan saat seorang penyanyi menggelar konseratau pertandingan olahraga favorit.

Namun tak segelintir orang yang susah mendapatkan tiket karena kehabisan. Oleh karena itu banyak juga para penggemar yang memenfaatkan calo meski harganya lebih tinggi.

Bahkan banyak orang tertipu oleh calo karena menjual tiket yang palsu dan uang mereka akan dibawa kabur.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok mengumumkan standar industri pertama di bidang performance ticketing telah diterapkan pada 19 Agustus tahun ini.

Dilansir dari sohu.com, standar tersebut dirancang oleh Asosiasi Seni Pertunjukan Tiongkok yang juga mengatur aturan sebelumnya untuk memboikot artis bermasalah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan menyatukan persyaratan dasar dan spesifik dari tiket pertunjukan nasional, mengatur pembelian, pemeriksaan, dan prosedur pengembalian uang.

Persyaratan dasar diajukan untuk persyaratan teknis, fungsi, manajemen server, komunikasi, konten dan file otorisasi antarmuka penerimaan protokol komunikasi dan format data sistem manajemen tiket pertunjukan dan sistem penjualan tiket, serta antarmuka data pengumpulan data tiket pertunjukan.

Para calo ini akan diberikan sanksi menurut paragraf ketiga Pasal 52 ‘UU Hukuman Administrasi Keamanan Publik’,

Siapa pun yang memalsukan, mengubah, atau menjual kembali tiket, tiket kapal feri, tiket pesawat, tiket untuk pertunjukan teater, tiket untuk kompetisi olahraga, atau tiket atau voucher berharga lainnya harus ditangani Penahanan tidak kurang dari 10 hari tetapi tidak lebih dari 15 hari, dapat didenda secara bersamaan tidak lebih dari 1.000 yuan; jika keadaannya kecil, penahanan tidak kurang dari 5 hari tetapi tidak lebih dari 10 hari dapat dilakukan secara bersamaan, didenda tidak lebih dari 500 yuan.

Penambahan keamanan untuk penjualan tiket ini juga dilakukan dengan tujuanuntuk melindungi hak dan kepentingan konsumen yang sah.

Selain itu dapat lebih lanjut mempromosikan pengembangan pasar seni pertunjukan yang berkelanjutan dan sehat.

Pemerintah akan mengawasi server dari platform penjualan tiket dengan menyatakan bahwa semua kanal ticketing harus terhubung ke platform pengumpulan informasi nasional yang terpadu.

Artinya, setelah semua orang mengakses sebuah platform, semua informasi penjualan real-time dari sistem performance ticketing, termasuk informasi pemesanan, akan ditampilkan langsung di situs.

Hal ini dapat memantau penjualan tiket dalm waktu yang sesungguhnya atau real time. Jika ada penjualan yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka akan ada sarana yang lebih ilmiah untuk mengetahui dan melaksanakan pengawasan dan pengecekan.

  • Bagikan